Tempat wisata bagi satwa indonesia yang hampir punah

Tempat wisata bagi satwa indonesia yang hampir punah

Satwa langka di indonesia

Tempat wisata bagi satwa indonesia yang hampir punah – Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa, termasuk jenis flora dan faunanya. Bahkan, beberapa spesies hewan yang hampir punah dan langka hanya ada di hutan-hutan di Indonesia. Sampai-sampai, World Wildlife Fund (WWF) juga turut membantu melindungi hewan-hewan ini.

Di sisi lain, hal ini banyak mencuri perhatian turis asing. Untuk sekedar melihat hewan-hewan langka ini, mereka harus jauh-jauh ke Indonesia dan menuju ke daerah-daerah terpecencil.

Tempat wisata bagi satwa indonesia yang hampir punah

Borneo atau Kalimantan satu-satunya habitat asli orangutan

Orangutan merupakan salah satu bangsa kera yang sangat mirip dengan manusia. Di seluruh dunia, jumlah orangutan terus berkurang. Hingga saat ini, hanya tersisa sekitar 55 ribu individu saja. Banyak di antaranya yang hidup di pulau Kalimantan dan 200 lainnya di Sumatera.

Jumlah orangutan yang terus menurun diakibatkan populasi mereka yang membutuhkan hutan lebat. Tak hanya itu, habitat mereka direbut oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab untuk pembukaan lahan paksa. Hal ini menarik perhatian WWF dan banyak volunteer dari belahan dunia untuk membantu penangkaran orangutan di Indonesia.

TN Komodo – Komodo

Taman Nasional Komodo mencakup wilayah tiga pulau besar yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar, serta beberapa pulau kecil di Kepualauan Sumbawa, NTT. Taman Nasional Komodo secara khusus dibangun untuk melindungi hewan Komodo (Varanus komodoensis) dari ancaman kepunahan. Komodo adalah spesies kadal purba raksasa yang hanya ditemukan di wilayah Kepulauan Sumbawa, Indonesia. Komodo termasuk binatang karnivora buas yang memangsa rusa, babi, kuda, dan kerbau liar.

TN Teluk Cenderawasih – Hiu Paus

Taman Nasional Teluk Cenderawasih merupakan kawasan taman nasional perairan terluas di Indonesia, terdiri dari daratan dan pesisir pantai, pulau, terumbu karang, dan perairan lautan. Sesuai namanya, taman nasional ini mencakup wilayah Teluk Cenderawasih di Provinsi Papua Barat.

 Dari 7 spesies, 6 spesies penyu hidup di Indonesia

Karena banyaknya spesies penyu yang berhasil hidup di Indonesia, pemerintah juga melindungi hewan ini dengan membuatkan penangkaran di berbagai daerah. Di antaranya adalah di pulau Tanjung Benoa-Bali, Kepulauan Seribu, dan Lombok.

Untungnya, masyarakat di Indonesia percaya bahwa penyu merupakan hewan pembawa keberuntungan. Sehingga, mereka juga banyak membantu dalam pemeliharaan penyu.

Tarsius tarsier, primata langka yang hidup di Sulawesi

Primata ini memiliki ciri bertubuh kecil berwarna cokelat dengan mata besar, dan senang bergelantungan di ranting pohon mirip seperti koala. Tarsius tidak bisa menjejakkan kakinya di tanah, karena dia terus melompat dari satu pohon ke pohon yang lain.

Aksi pembukaan lahan hutan secara ilegal membuat populasi hewan ini makin berkurang. Alhasil, pemerintah menjadikan hewan kecil ini dilindungi. Tarsius dapat dijumpai di hutan-hutan yang ada di Sulawesi.

Sungai Mahakam – Pesut

Sungai Mahakam merupakan sungai terbesar di Kalimantan Timur yang membentang sepanjang 920 km. Wisatawan dapat menjelajahi Sungai Mahakam dengan kapal wisata yang telah disediakan. Jika beruntung wisatawan dapat berjumpa dengan pesut mahakam (Orcaella brevirostis), sejenis hewan yang menyerupai lumba-lumba air tawar endemik dari Pulau Kalimantan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *