Takut Gagal saat Menjalankan Usaha? Simak Trik Ini

Takut Gagal saat Menjalankan Usaha? Simak Trik Ini

Ketakutan itu wajar, tapi kalau sampai gagal gimana?

Takut gagal saat menjalankan usaha? Simak trik berikut ini. Dijamin kamu makin semangat untuk membuka usaha

Gagal saat Menjalankan Usaha – Wajar banget kalau kita takut gagal. Ketakutan adalah sifat alami kita sebagai manusia. Terlebih jika tengah menjalankan sebuah usaha. Bagaimana kita membuat keputusan, membuat daftar gaji, mengumpulkan modal, dan membangun perusahaan yang hebat, dan keputusan lainnya.

Lalu, bisakah kita mengatasi ketakutan itu? Dilansir dari Forbes, berikut ini adalah tiga cara daftar idn poker apk yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa takut.

1. Ingat, ketakutan bisa memotivasi kita

Kita mungkin pernah mendengar kalau ketakutan sebenarnya adalah kegembiraan yang disalahartikan tubuh kita sebagai respons psikologis. Journal of Business Venturing membagikan penelitiannya tentang rekonseptualisasi rasa takut dalam kewirausahaan.

Jurnal itu menemukan bahwa pengalaman ketakutan akan kegagalan dalam kewirausahaan bisa menimbulkan dua macam respons. Bagaikan dua sisi koin, ketakutan itu dapat memotivasi tapi dapat juga menghambat.

Ketakutan itu dapat memotivasi kita dan membuat kita untuk melakukan usaha yang lebih besar atau sebaliknya. Pilihan selanjutnya adalah apakah kita memilih pendekatan dengan mengejar ketakutan itu atau menghindarinya?

Baca juga: Budidaya Sarang Burung Walet Bernilai Laba Ratusan Juta

2. Pikirkan dampak luas dari usaha kamu

Cara kedua untuk mengatasi ketakutan berwirausaha, coba deh kamu luangkan waktu untuk melihat lebih dalam terhadap bisnis yang kamu jalankan. Kamu akan menyadari kalau bisnis kamu bukan cuma sekadar membantu pelanggan.

Jauh dari itu, usaha yang kamu bangun itu menyediakan pekerjaan untuk karyawan kamu. Tidak peduli seberapa besar atau kecil bisnis kamu, kamu pasti membantu orang lain yang terlihat dalam bisnis itu.

Ini adalah sifat bisnis. Apalagi ketika barang atau jasa yang ditawarkan bisnismu juga memberikan nilai manfaat bagi pelangganmu yang sudah kian berkembang. Bayangkan, kamu menyumbangkan nilai khusus ke dunia.

3. Singkirkan pemikiran perfeksionisme

Perfeksionisme adalah produk ketakutan akan kegagalan. Entah bagaimana kita percaya bahwa jika melakukan semuanya dengan sempurna, maka kita telah mengurangi peluang kami pada kegagalan.

Tapi, kita juga tahu perfeksionisme itu mitos, dan pada akhirnya dapat menghentikan kita dari melakukan apa yang benar-benar ingin kita lakukan. Misal, kamu baru memulai usaha dan berpegang teguh pada perfeksionisme yang muluk-muluk. Dapat dipastikan, hal yang kamu cita-citakan terlalu muluk tidak akan terwujud.

Tentu tidak ada salahnya menjadi perfeksionis. Kamu bisa memprioritaskan pada penyelesaian suatu masalah dari pada mengejar kesempurnaan yang lain. Caranya adalah dengan mengambil langkah demi langkah (step by step) dan meminta saran sehingga kamu dapat mengandalkan persepsi orang lain atas usaha kamu.

Ingat, ketakutan hanyalah sebuah emosi yang ada untuk melindungi kita. Tetapi kita dapat secara sadar memutuskan seberapa jauh kita membiarkannya menghalangi wirausaha kita.

Cari alasanmu sendiri kenapa kamu memulai bisnis. Dan fokuskan apa yang menjadi penyebab rasa takut itu menjadi sebuah alasan untuk bertindak nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *