Pemuda Ini Sulap Barang Bekas Jadi Miniatur Air Terjun Akuarium

Pemuda Ini Sulap Barang Bekas Jadi Miniatur Air Terjun Akuarium

Pemuda Ini Sulap Barang Bekas Jadi Miniatur Air Terjun Akuarium

Pemuda Ini Sulap Barang Bekas Jadi Miniatur Air Terjun Akuarium – Seorang pemuda di Kelurahan Sindangkasih, Kecamatan Purwakarta Kota, Kabupaten Purwakarta membuat akuarium dan barang bekas menjadi sebuah kerajinan yang menghasilkan nilai ekonomi.

Pemuda bernama Hendi Andriana (35) itu membuat kerajinan miniatur air terjun komplit dengan pemandangan alam yang asri dan sejuk di dalam akuarium yang unik.

“Awalnya coba-coba saja membuat akuarium, tidak lama kemudian saya melihat akuarium ada air terjunnya, kemudian saya tertarik untuk mencobanya,” kata dia, Senin

Ia awalnya membuat kerajinan tersebut diawali dengan menyusun saluran filter untuk mesin pendorong air terjun untuk rangka miniatur air terjun.

Hendi kemudian memakai styrofoam bekas yang disusun sedemikian rupa dan diberi lapisan adonan semen dan pasir sebagai perekat dan penutup lapisan utama. Kerangka dibiarkan kering, kemudian diberikan lapisan cat untuk memberi kesan natural.

“Kemudian ditempelkan rumput atau tanaman sintetis untuk memberikan kesan nyata air terjun di dalam akuarium,” ujar dia.

Ada juga  media yang dipakai selain kaca juga bekas kotak TV, kaleng kerupuk, dan benda lain yang dapat dimanfaatkan menjadi objek pemandangan.

“Proses pembuatan dari awal hingga akhir satu buahnya bisa memakan waktu maksimal lima hari. Dalam satu hari buah membuat kerangka sebanyak 10 buah,” sambungnya dia. Adapun satu buah miniatur Hendi mematok harga Rp500.000 hingga Rp6 juta, tergantung ukuran.

Hasil karya Hendi saat ini telah diminati sampai mancanegara, tapi ia kesulitan untuk proses pengirimannya.

“Yang beli udah banyak kayak Bali, Sumatera, Kalimantan. Ke luar negeri sudah ada yang pesan cuma saya bingung pakai paket apa. Jasa paket enggak terima barang kayak gini,”ucap dia.

Selain itu, ia mengaku menggeluti usaha ini sejak empat tahun lalu setelah sebelumnya berprofesi seorang penjahit.

Aquascape adalah seni menata lansekap dalam kotak kaca atau akuarium untuk menciptakan pemandangan yang alami. Kerajinan tersebut semakin diminati seiring pandemi Covid-19 di Kabupaten Purwakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *