Kisah Sukses Garibaldi Thohir, Pengusaha Tambang Batu Bara Adaro

Kisah Sukses Garibaldi Thohir, Pengusaha Tambang Batu Bara Adaro

Kisah Sukses Garibaldi Thohir, Pengusaha Tambang Batu Bara Adaro

Tidak ada orang sukses yang lahir dalam satu malam, begitu juga dengan Garibaldi Thohir. Yuk simak kisah sukses Garibaldi Thohir atau yang akrab disapa Boy ini.

Kisah Sukses Garibaldi Thohir, Pengusaha Tambang Batu Bara Adaro – Penasaran ‘kan dengan kisah hidup pengusaha sukses ini? Sudah barang pasti bahwa setiap kesuksesan memiliki kisahnya masing-masing. Dan setiap orang sukses memiliki proses yang sering kali tidak mudah untuk bisa mencapai kesuksesannya.

Kisah Sukses Sang CEO Adaro Energy

Garibaldi Thohir - Kisah Sukses Garibaldi Thohir, Pengusaha Tambang Batu Bara Adaro

Siapa yang tak kenal Garibaldi Thohir? Di kalangan pebisnis, nama Garibaldi Thohir yang akrab dipanggil Boy Thohir ini sudah cukup dikenal luas.

Meskipun lahir sebagai putra dari Muhammad Teddy Thohir, founder yang juga generasi pertama karyawan Astra, bukan berarti Boy meraih kesuksesannya lewat jalan yang mudah.

Sebelum meraih kesuksesannya hari ini, Boy memulai usahanya dengan menjadi seorang calo tanah. Bisnis yang ia jalankan juga sempat mengalami kegagalan beberapa kali.

Namun, kegagalan-kegagalan itu tidak membuatkan berhenti berusaha. Dengan kerja keras yang dilakukan, Boy berhasil bangkit dari kegagalan yang ia alami.

Bahkan pada tahun 2017 lalu, sebagai Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk, Boy sempat menempati posisi orang kaya ke-23 di Indonesia versi majalah Forbes.

Total kekayaannya saat itu mencapai US$1,41 miliar. Jumlah itu kira-kira setara dengan Rp19,03 triliun jika dihitung dengan kurs Rp13.500 per dolar.

Motivasi dari Ayah

Motivasi awal Boy muncul dari ayahnya. Saat itu, Boy baru saja menyelesaikan pendidikan master di Amerika Serikat.

Sebagai lulusan universitas luar negeri, Boy berencana untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang bonafide, seperti Citibank, American Express, atau IBM.

Saat ia menyampaikan niatnya untuk bekerja di Citibank kepada ayahnya, sang ayah yang merupakan salah satu founder Astra Internasional itu malah menanyakan berapa gaji yang akan ia dapatkan.

Saat itu, Kisaran gaji yang boy dapatkan adalah sekitar US$2.000 atau sekitar 4 juta rupiah. Namun ayahnya malah menolak niat tersebut

Boy sempat sempat mengira ayahnya ingin ia bekerja di astra. Namun ayahnya malah mengatakan:

  ” Kamu mulai dari nol mungkin gaji kamu hanya RP 2juta, bagaimana  kamu bisa balikin duit saya yang sudah habis hampir RP1 milyar?”

Kalimat tersebut jadi motivasi Boy untuk bisa menjadi pengusaha besar yang sukses. Bahkan Boy juga bercita-cita agar bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Bisnis Pertama

Boy memulai langkah awal bisnisnya pada tahun 1991, saat itu terbesit keinginan untuk menjalankan bisnis properti.

Berdasarkan informasi yang ia dapatkan, akan ada pembangunan jalan Saharjo – Kuningan. Karena itu, ia berniat mendirikan sebuah gedung yang nantinya akan ia sewakan.

Ia menyampaikan niat tersebut kepada ayahnya, dan mendapatkan restu. Sayangnya, rencana tersebut belum bisa terlaksana karena ia hanya bisa membebaskan lahan sebesar 3.000 meter persegi. Padahal saat itu, minimal lahan yang harus dibebaskan adalah 1 ha.

garibaldi thohir 153412 big - Kisah Sukses Garibaldi Thohir, Pengusaha Tambang Batu Bara Adaro

Sebagai bentuk dukungan, akhirnya ayah Boy mengajaknya menemui para petinggi Astra untuk melakukan presentasi dari proposalnya mengenai peluang bisnis di sekitar kawasan Kasablanka.

Proposal tersebut berhasil diterima dan Boy diminta untuk membebaskan lahan sebesar 20 ha. Sayangnya, karena kondisi perekonomian saat itu yang tidak terlalu baik, ia hanya bisa membebaskan lahan sebesar 3 ha.

Pada saat itu, Boy belum berhasil menjadi pengusaha properti. Bisnisnya saat itu hanya sampai sebagai calo tanah saja. Namun menurutnya, pengalaman tersebut memberikannya pengalaman yang sangat berharga.

Jadi Tuan Rumah di Negara Sendiri

Boy Thohir bercita-cita untuk bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Semangat nasionalismenya ini ia wujudkan melalui Adaro, perusahaannya yang bergerak di bidang pertambangan dan kelistrikan sebagai lini bisnis utama.

Pada tahun 2010, manajemen perusahaan Adaro membeli saham IndoMet Coal sebanyak 25 persen.

Dan pada tahun 2016, manajemen Adaro kembali memborong 75 persen saham IndoMet Coal yang senilai US$120 juta atau sekitar Rp1,7 triliun.

Dalam perjanjian jual beli saham yang perusahaan lakukan, Adaro juga mengambil alih kepemilikan atas seluruh BHP Mineral Holdings Pty., Ltd., dan BHP Minerals Asia Pasific Pty., Ltd., pada Maruwai Coal, PT Juloi Coal, PT Kalteng Coal, Sumber Barito Coal, Lahai Coal, PT Ratah Coal dan PT Pari Coal.

Selama ini, lini bisnis batu bara merupakan bisnis yang kepemilikannya banyak dikuasai oleh asing. Dengan ini, melalui Adaro, Boy Thohir berhasil mewujudkan mimpinya untuk bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri.

Kunci Sukses Boy Thohir

Meskipun saat ini Boy Thohir telah menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia, namun ia mengatakan agar tidak melihat ia dan perusahaannya yang saat ini.

Ia mengatakan bahwa kesuksesan yang ia dapatkan hari ini lahir dari kegagalan yang datang berkali-kali.

Untuk bisa menjadi pengusaha sukses, ia menyampaikan ada 3 kunci sukses yang perlu dilakukan:

#1 Bermimpi dan Realisasikan

Kunci sukses pertama adalah Anda harus memiliki mimpi untuk sukses. Mimpi ini akan menjadi bahan bakar Anda untuk mengejar kesuksesan.

Selain berani untuk bermimpi, jangan lupa juga untuk merealisasikannya. Caranya adalah dengan bekerja keras.

#2 Memilih Bisnis Jangan Terlalu Canggih

Sebagai pemula, jangan memulai bisnis dari yang sulit dulu. Untuk menjadi wirausaha, Anda tidak harus menjalankan bisnis yang berbeda dari kebanyakan orang.

Kalau bisnis yang Anda pilih terlalu canggih, maka Anda juga akan sulit untuk merealisasikannya.

Pilih bisnis yang Anda rasa bisa Anda wujudkan, lalu gunakan kreativitas Anda untuk memodifikasi bisnis tersebut dan memberikannya suatu nilai tambah.

#3 Jangan Takut Gagal

Banyak calon pengusaha sukses yang akhirnya gagal memulai karena takut gagal.

Sebagai pengusaha, Anda harus memiliki sikap mental yang baik dan siap menghadapi berbagai kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

Dan meskipun dalam perjalanannya Anda menemui kegagalan, jangan pantang menyerah dan Anda harus bisa bangkit kembali untuk memulai kesuksesan baru.

Tetap Berusaha dan Yakin Dengan Bisnis Anda

Kesuksesan Boy Thohir dan Adaro bisa didapatkan dengan usaha keras setelah melewati berbagai macam proses dan kegagalan yang tidak terhitung lagi.

Karena itu, bagi Anda yang baru memulai bisnis apapun, teruslah berjalan dan jangan patah semangat. Yakinlah bahwa suatu hari Anda juga bisa menjadi pengusaha sukses seperti Boy Thohir.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *