Kimia Biji Nangka ini Bermanfaat untuk Kesehatan

Kimia Biji Nangka ini Bermanfaat untuk Kesehatan

Kandungan Kimia Biji Nangka ini Bermanfaat untuk Kesehatan

Kimia Biji Nangka ini Bermanfaat untuk KesehatanBeraroma khas, manis, dan kenyal. Kata-kata tersebut nampaknya sangat cocok untuk mewakili buah lezat satu ini. Buah nangka merupakan salah satu jenis buah yang sudah akrab di lidah masyarakat Indonesia.

Nangka merupakan jenis buah bergetah yang memilki daging buah manis dan berbiji cukup besar. Buah asal India ini, sangat mudah dijumpai di wilayah Asia Tenggara khususnya Indonesia. Di Indonesia sendiri buah nangka biasanya disulap menjadi olahan sayuran, pelengkap kolak maupun isian es buah.

Seluruh bagian tubuh nangka memiliki manfaat masing-masing bagi kesehatan manusia. Tidak hanya daging buahnya saja yang kaya nutrisi, bagian biji nangka juga diketahui memiliki kandungan kimia yang tidak bisa disepelekan. Penasaran kandungan kimia apa saja yang terkandung di dalam biji nangka? Inilah ulasan yang bisa menjelaskan jawabannya.

Vitamin B

Dalam sebuah biji nangka terkandung senyawa thiamine dan riboflavin. Kedua senyawa tersebut adalah bagian penyusun vitamin B komplek yang berguna untuk kesehatan.

Thiamine atau vitamin B1 pada tubuh manusia berguna untuk mencegah penyakit beri-beri dan meningkatkan fungsi otak. Sementara riboflavin atau vitamin B2 memiliki peranan penting dalam proses metabolisme makronutrisi, mengatur pertumbuhan, serta antibodi tubuh.

Zat Antibakteri

Biji nangka terkenal sebagai obat alternatif penyakit pencernaan seperti diare. Peranan  tersebut dapat dimiliki berkat zat antibakteri yang terkandung di dalam struktur tubuhnya. Antibakteri merupakan zat yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri. Pada tumbuhan zat ini biasanya dihasilkan oleh senyawa yang bernama flavonoid.

Buah Nangka Sangat digemari Oleh Pecinta Buah-Buahan Tropis

Zat Makronutrisi

Makronutrisi adalah zat-zat yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar seperti karbohidrat, lemak dan protein. Di dalam biji nangka kandungan ketiga zat tersebut cukup banyak tersedia dibanding zat-zat lainnya. Secara tidak langsung diketahui bahwa biji nangka dapat menjadi bahan pemasok energi untuk tubuh manusia.

Zat Fosfor

Fosfor adalah jenis mineral terbanyak yang terkandung dalam biji nangka. Dalam sebuah penelitian diketahui dalam 100 gram biji nangka memiliki 200 mg kandungan fosfor. Fosfor sendiri adalah zat yang berperan dalam pembentukan DNA, membran sel, tulang dan gigi serta membantu ginjal dalam proses penyaringan zat sisa.

Zat Fitokimia

Setiap tumbuhan biasanya memiliki rasa, aroma maupun warna yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut salah satunya disebabkan oleh zat yang bernama fitokimia. Fitokimia bagi tubuh manusia berperan untuk pencegahan penyakit kanker dan jantung serta anti oksidan.

Nah, itu dia kandungan kimia biji nangka yang berguna bagi kesehatan manusia. Semoga ulasan di atas menjadi info kesehatan yang berguna untuk kamu!

Comments are closed.