Kesenian budaya yang ada di daerah sumatera utara

Kesenian budaya yang ada di daerah sumatera utara

Kesenian budaya sumatera utara

Kesenian budaya yang ada di daerah sumatera utara – Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah dan kekayaan alam lainnya. Indonesia juga terdiri dari beberapa provinsi dengan berbagai kebudayaan yang berbeda dari setiap daerah. Termasuk di Provinsi Sumut yang merupakan salah satu bagian wilayah Indonesia yang memiliki kawasan cukup luas dengan berbagai kebudayaan khasnya. Sebut saja wilayah Sumut.

Kota Medan sudah sangat terkenal namanya di pulau Sumatra. Mengingat kota terbesar di Pulau Sumatra ini memiliki banyak karakteristik khasnya.
Bukan hanya nan berkaitan dengan alam sekitarnya. Akan tetapi, juga dengan penduduknya nan memiliki karakteristik khas sangat lekat, yaitu logat dan perwatakan salah satu suku di Medan nan begitu populer. Salah satunya ialah orang Batak nan hampir bisa ditemukan di setiap daerah di Indonesia ini, sehingga Medan identik dengan orang Bataknya.

Sejarah Medan

Ibu kota Provinsi Sumatra Utara ini merupakan salah satu daerah nan sering disebut-sebut akan keberadaannya. Seperti nan telah disebutkan sebelumnya, alasannya sebab wilayah ini merupakan salah satu kota terbesar di Pulau Sumatra. Salah satu kota nan cukup maju dan cepat pembangunannya serta memiliki banyak karakteristik khas dari daerahnya.

Kota nan hari jadinya diperingati setiap 1 Juni ini, memiliki banyak sumber daya manusia, sumber daya alam, adat istiadat, dan budaya nan beraneka ragam nan pastinya sangat khas. Sejarah mencatat, bahwa nan mendirikan Kota Medan ialah Guru Patimpus Sembiring Pelawi, pada tahun 1950. Adapun nan pertama kali menemukan Kota Medan itu sendiri disebutkan ialah John Anderson, nan berasal dari daerah Eropa.
Sejak kelahirannya hingga sekarang, Medan mengalami banyak perubahan dan pembangunan tentunya. Kota nan memang sudah besar itu, kini semakin ramai saja. Tidak kalah dengan ibu kota lainnya. Penduduk Medan terdiri atas berbagai macam suku bangsa, agama, dan bahasa.
Berkenaan dengan pemerintahannya, Kota Medan dipimpin oleh seorang walikota. Sekarang, jabatan itu dipegang oleh Rahudman Harahap, sejak 26 Juli 2010 lalu hingga sekarang.

Kesenian budaya yang ada di daerah sumatera utara

Rumah Adat

Rumah adat provinsi Sumatera Utara menjadi ciri khas kecantikan budaya bangsa kita, terdiri dari berbagai budaya bangsa yang semakin mewarnai keindahan Nusantara, termasuk kebudayaan di Sumatera Utara. Sumut memiliki rumah adat yang khas yang dikenal dengan nama Parsakistan dan rumah adat Jabu Bolon. Untuk rumah adat Parsakistan sendiri merupakan rumah adat Sumatera Utara yang dijadikan sebagai tempat penyimpanan barang-barang pusaka.

Rumah adat ini terletak di daerah Batak Toba. Selain sebagai penyimpanan barang-barang pusaka, rumah Jabu Parsakistan juga merupakan tempat untuk pertemuan dalam membahas hal-hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan adat.

Nama Rumah Adat Sumatera Utara:

  • Bolon.
  • Karo.
  • Pakpak.
  • Mandailing.
  • Melayu.
  • Nias.
  • Angkola.
  • Simalungun.

Tarian Adat

Berbicara tentang kebudayaan Sumatera Utara, erat hubungannya untuk mengenal nama-nama tarian adat yang mewarnai kebudayaan Sumatera. Seperti Tari Serampang Dua Belas, Tari Tor-tor, Tari Marsia Lapari, dan Tari Manduda. Tari Serampang Dua Belas merupakan salah satu tarian adat Sumatera Utara yang paling terkenal.

Bahasa Daerah

Untuk mengenal ciri khas budaya Sumatera Utara, tidak lengkap rasanya jika belum tahu nama-nama bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat Sumatera Utara Sendiri. Sumatera Utara Memiliki bahasa beberapa bahasa yang biasa digunakan dalam berkomunikasi di sana. Seperti Bahasa Batak, Bahasa Karo, Bahasa Nias, Bahasa Mondaling dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *