Jenis-jenis dan Fungsi Alat Berat Proyek Bangunan

Jenis-jenis dan Fungsi Alat Berat Proyek Bangunan

Jenis dan Jenis Alat Berat Proyek Bangunan 

jenis jenis alat berat konstruksi - Jenis-jenis dan Fungsi Alat Berat Proyek Bangunan

Jenis-jenis dan Fungsi Alat Berat – Penggunaan alat berat dalam bidang konstruksi sudah umum dilakukan, karena alat berat konstruksi memang sangat membantu dalam memudahkan manusia mengerjakan kegiatan konstruksi. Jika dibutuhkan banyak kegiatan, lebih banyak dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu lama, sekarang dapat dipersingkat dengan bantuan alat berat.

Dalam bidang konstruksi, alat berat adalah alat yang digunakan untuk memudahkan proses konstruksi, sehingga pembangunan menjadi lebih cepat, mudah, dan hasil sesuai dengan harapan. Penggunaan alat berat harus benar-benar tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan di lapangan. Jadi, tidak bisa sembarangan digunakan. 

Penggunaan alat berat yang salah akan menyebabkan rendahnya tingkat produktivitas, tidak tercapainya jadwal, dan biaya tambahan. Tentu saja, ini akan merugikan Anda. Daripada merugi, lebih baik dibutuhkan alat berat apa yang dibutuhkan. Caranya dengan memahami dan memahami jenis juga fungsi alat berat. 

Alat Berat Dozer (Loader) 

wheel%2Bloader1 - Jenis-jenis dan Fungsi Alat Berat Proyek Bangunan

Salah satu alat berat bangunan yang sering digunakan adalah ponder atau lebih dikenal dengan  dozer . Alat berat ini biasa digunakan untuk bahan proyek, terutama bahan hasil penggalian atau untuk membuat bahan timbunan. Dozer biasanya digunakan untuk mengubah pasir, tanah, atau bebatuan dalam proyek.

Ada ember pada dozer sehingga alat ini juga memiliki nama lain dozer front end. Ada 2 jenis dozer yang sering digunakan dalam konstruksi yaitu crawler traktor dozer (roda kelabang) dan whww traktor dozer (buldozer dengan roda karet). Untuk digunakan dozer diperlukan operator bersetifikat resmi. 

 

Alat Berat Excavator 

25446764 9d1336eb 0e8e 4b2b acac f024dae05c6d 700 560 - Jenis-jenis dan Fungsi Alat Berat Proyek Bangunan

Alat berat lainnya yang sering ditemukan di area konstruksi adalah excavator. Alat ini paling banyak digunakan dan paling umum digunakan masyarakat. Penggunaan  excavator  haruslah beradaptasi dengan lapangannya. Bagaimana cara menggali excavator?

Namun, semua yang memiliki alat peluncur ban atau crawler. Penggunaan crawler pada excavator memungkinkannya memindahkan permukaan kasar atau tidak padat dan tidak membutuhkan banyak pemindahan tempat. Untuk excavator beroda lebih banyak digunakan untuk pekerjaan dengan mobilitas lebih tinggi. 

 

Alat Berat Crane 

Crawler Crane - Jenis-jenis dan Fungsi Alat Berat Proyek Bangunan

Crane merupakan alat berat yang bisa dilihat dari jauh. Alat ini memiliki tinggi dan menentukan besar fungsinya untuk mengangkat material yang akan dipindahkan. Derek dapat digunakan material secara vertikal maupun horizontal, dalam jarak tertentu. Karena itu sangat dibutuhkan dalam konstruksi.

Derek memiliki berbagai jenis dalam pengoperasiannya, sehingga Anda harus memilih yang benar-benar sesuai dengan kondisi proyek yang dikerjakan. Pemilihan crane akan berdampak besar dalam proyek dan memengaruhi waktu serta keuntungan atau kerugian dalam proyek. Jadi, ingat dulu kebutuhan sebelum memilih crane yang akan digunakan.

Penggunaan alat berat dalam konstruksi, tetapi tidak berarti Anda harus membeli alat-alat tersebut. Jika hanya membutuhkannya dalam jangka waktu tertentu, lebih baik menyewanya saja. Hal ini akan lebih menguntungkan dan menghemat biaya, sebab  harga yang sangat mahal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *