Gatal-gatal karena Digigit Nyamuk? Hilangkan Pakai Bahan Alami Ini

Gatal-gatal karena Digigit Nyamuk? Hilangkan Pakai Bahan Alami Ini

Gatal-gatal karena Digigit Nyamuk? Hilangkan Pakai Bahan Alami Ini

Gatal-gatal karena Digigit Nyamuk? Hilangkan Pakai Bahan Alami Ini – Hampir semua orang pernah di gigit nyamuk. Rasa gatal setelah digigit hewan kecil satu ini sangat buat kita jengkel pastinya.

kalau kita memukulnya juga bukan hal yang benar, Karena tak mudah untuk kita menangkapnya atau memukulnya dengan tangan kosong.

Lantas bagaimana sih caranya menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk ini. yuk disimak ulasan berikut ini

1. Mengoleskan madu 

Menurut sebuah studi dalam “Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine” tahun 2011, madu alami dapat membantu mengurangi inflamasi dan mencegah infeksi. Inilah yang membuat madu dapat meredakan gejala saat dioleskan di area kulit yang digigit.

Namun, kalau setelahnya mau keluar rumah, bersihkan madu dari kulit terlebih dulu, ya. Bisa-bisa kamu jadi sasaran empuk gigitan nyamuk (lagi) dan serangga lainnya kalau masih ada sisa madu yang menempel.

2. Manfaatkan lidah buaya 

Menurut sebuah studi dalam jurnal “Research in Pharmaceutical Sciences” tahun 2012, jenis lidah buaya Aloe littoralis terbukti mampu mengurangi peradangan dan membantu penyembuhan luka.

Mengoleskan gel lidah buaya ke area gigitan nyamuk dapat membantu meredakan bentol dan mengusir rasa gatal.

3. Mengencerkan bawang putih 

Beberapa krim menggunakan ekstrak bawang putih karena bisa diandalkan untuk menyembuhkan luka dan memiliki sifat antivirus. Namun, hindari menggosok bawang putih langsung ke kulit. Pasalnya, bawang putih mentah dapat menyebabkan iritasi dan peradangan kulit.

Cara pakai yang dianjurkan adalah dengan mengencerkan bawang putih cincang dengan minyak kelapa atau losion, lalu oleskan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk selama beberapa menit, lalu bersihkan.

4. Gosok dengan minyak daun basil 

basil 932079 1920 f777e5aa93a3312b3cc85e8ea222a9af - Gatal-gatal karena Digigit Nyamuk? Hilangkan Pakai Bahan Alami Ini

Daun basil (selasih) memiliki senyawa kimia yang dapat mengatasi masalah kulit gatal. Sifat antiinflamasi dari minyak daun basil dapat membantu mengatasi inflamasi gigitan nyamuk. Senyawa kimia eugenol yang terkandung dalam daun selasih dapat meringankan kulit yang gatal.

5. Pakai kantong teh celup dingin 

Efek yang diberikan teh hijau dan hitam tidak hanya berguna untuk mengatasi mata bengkak. Efek inflamasi teh rupanya juga dapat membantu meredakan bentol dari gigitan nyamuk. kantong teh yang dicelupkan ke air dingin dapat mengurangi aliran darah ke permukaan kulit. Ini dapat meringankan bengkak dan gatal-gatal.

Cara pakainya gampang, tinggal celupkan kantong teh ke dalam air dingin, peras kantong teh, lalu tempelkan ke area kulit yang digigit nyamuk selama 10-15 menit.

Comments are closed.