Cara Jitu Ajarkan Si Kecil Menabung

Cara Jitu Ajarkan Si Kecil Menabung

Cara Jitu Ajarkan Si Kecil Menabung

Cara  Jitu Ajarkan Si Kecil Menabung, – Mengajarkan sesuatu ke buah hati merupakan salah satu kewajiban bagi para orang tua. Tentunya banyak orang tua yang ingin anaknya menjadi seorang yang mandiri.

Cara orang tua mendidik anak pun juga beraneka macam. Memperkenalkan anak supaya bisa menabung adalah salah satu cara orang tua mendidik anak, supaya bisa menjadi pribadi yang mandiri dan berguna suatu saat nanti.

Dikutip dari laman http://ratutogel.com, Bagi kamu yang baru memiliki buah hati, berikut adalah 10 tips yang bisa kamu terapkan untuk mengajarkan anak rajin menabung.

  • Kenalkan anak dengan uang

Memori si kecil terbentuk dan tumbuh dengan sangat kuat. Jadi, tak ada salahnya mengenalkan uang kepada mereka, sekaligus mengajarkan kebiasan menabung. Kamu bisa mengenalkan mulai dari nilai mata uang, bentuknya, hingga fungsinya.

  • Jelaskan tujuan menabung

Setelah diajarkan mengenai nilai mata uang serta fungsinya, jangan lupa memberitahu apa tujuan menabung. Misalnya salah satunya untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

  • Belikan celengan lucu

Anak-anak pasti menyukai barang-barang lucu, kan? Nah, salah satu cara untuk mengajarkan anak rajin menabung adalah dengan membelikan celengan yang lucu, unik, dan berwarna kesukaan mereka.

  • Berikan uang harian atau bulanan

Setelah anak mengerti dengan uang dan fungsinya menabung, jangan lupa memberikan uang harian atau bulanan. Ajarkan pula menyisihkan uang untuk ditabung.

  • Janjikan sesuatu agar rajin menabung

Supaya anak rajin menabung, kamu harus menjanjikan sesuatu kepadanya. Seperti membelikan sesuatu yang diinginkannya dengan menggunakan hasil tabungannya. Berikan juga “bonus tambahan” kepada mereka karena rajin menabung dan memenuhi targetnya.

  • Mulai bawa anak ke bank

Jika rasa umur anak sudah cukup untuk ajak menabung dengan nominal besar, mulailah dengan mengajak anak menabung pada bank. Kenalkan bagaimana cara membuka rekening di bank.

  • Ajarkan kebiasaan mencatat keuangan

Tak sekadar memasukan uang ke dalam celengan saja, kamu juga harus mengajarkan cara mencatat berapa jumlah uang yang ditabungkan. Tujuannya supaya anak dapat menghitung sendiri berapa hasil tabungannya.

  • Ajarkan cara memilih barang secara cerdas

Jika anak ingin membeli suatu barang, kamu sebagai orangtua wajib mendampinginya. Ajarkan mereka bagaimana cara memilih barang yang baik, supaya pandai dalam memilih sesuatu sesuai kebutuhannya.

  • Berikan peringatan tentang risiko meminjam uang

Jika anak sudah kehabisan uang, tak ada salahnya untuk meminjam uang. Tetapi ingatkan lagi bahwa itu bukan hal yang baik. Cara satu ini akan membuat anak lebih disiplin dan bisa mengembalikan uang yang dipinjam dengan tepat waktu.

  • Berikan contoh yang baik saat menabung

Sambil sang buah hati menabung, orangtua juga harus memberikan contoh yang baik untuk menabung dong. Misalnya, kamu juga harus menyisihkan sebagian uangmu dan memasukkannya ke celenganmu sendiri. Bisa pastikan mereka akan meniru kebiasaan baik ini.

***

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, ajarkan si kecil menabung mulai dari sekarang!

Comments are closed.