Bu Menkeu Gimana Nasib Buruh

Bu Menkeu Gimana Nasib Buruh

Bu Menkeu Gimana Nasib Buruh

Bu Menkeu Gimana Nasib Buruh, – Pemerintah bakal menggelontorkan bantuan sebesar Rp600.000 bagi 15,7 juta pekerja formal selama empat bulan atau Rp2,4 juta secara total. Bantuan ini hanya akan menyasar peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan upah di bawah Rp5 juta dan telah terdata per 30 Juni 2020.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengemukakan bahwa pekerja yang tidak terdaftar dalam kepesertaan jaminan sosial tenaga kerja namun memiliki pendapatan di bawah Rp5 juta per bulan bakal dibantu lewat bantuan sosial lain yang telah disiapkan pemerintah, salah satunya adalah program Kartu Prakerja.

Masalah pendataan jadi kendala

Sri Mulyani mengatakan pemerintah berupaya untuk mendesain program untuk membantu masyarakat. Namun, masalah pendataan ini tidak bisa dihindari di Indonesia. Berbeda dengan negara maju di mana mereka bisa melalukan transfer bantuan ke akun masyarakat berdasarkan nama atau akun.

“Sudah punya by name, by adress by account number. Di republik ini kadang-kadang by name NIK-nya mungkin pun ada atau tidak ada. Dan kemudian by adress-nya tidak adress yang permanen,” kata Sri Mulyani.

Akan ditampung masuk program Kartu Prakerja

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan kamu tidak perlu risau jika tidak punya BPJS Ketenagakerjaan. Karena pemerintah akan memasukkan kamu dalam program Kartu Prakerja.

“Kartu pra kerja itu jumlah benefitnya sama yaitu Rp600 ribu dikali 4 (bulan) yaitu Rp2,4 juta,” kata Sri Mulyani dalam webinar yang diselenggarakan Katadata, Selasa.

Oh ya, kalau kamu masuk jadi peserta Kartu Prakerja, kamu akan mendapatkan insentif tambahan Rp150 ribu tiap kali mengisi survei.

Sejumlah syarat lain dapat bantuan Rp600 ribu

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan ada beberapa syarat untuk mendapat bantuan Rp600 ribu ini. Pertama, bantuan ini akan diberikan kepada pekerja swasta di luar PNS. Dan bukan pegawai BUMN yang memiliki gaji di bawah Rp5juta sebanyak 13,8 juta pekerja.

Kedua, pekerja penerima subsidi harus pekerja yang aktif terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran di bawah Rp 150.000 per bulan atau setara dengan gaji di bawah Rp5 juta per bulan.

Untuk program subsidi ini, Kementerian Keuangan telah menganggarkan dana sekitar Rp33,1 triliun. Diharapkan stimulus baru ini mampu mempercepat proses pemulihan ekonomi dan menjaga agar terhindar dari resesi.

Comments are closed.