Beberapa Batu Akik yang paling populer pada Masanya

Beberapa Batu Akik yang paling populer pada Masanya

Beberapa Batu Akik yang paling populer pada Masanya

7a9cba95 cfed 44ef 8ab8 5d7e49100ede 169 - Beberapa Batu Akik yang paling populer pada Masanya

Beberapa Batu Akik yang paling populer pada Masanya  – Sekitar tahun 2014, tren batu akik sangat menggemparkan di Indonesia. Sayangnya, hal tersebut tidak berlangsung lama karena kini pamor batu akik telah meredup. Namun begitu, masih banyak juga para kolektor batu akik yang masih ada dan kerap memburu batu akik sebagai koleksinya.

Dari banyak jenis batu akik yang ada, beberapa diantaranya pernah menjadi primadona pada masanya. Walaupun tidak sedikit orang yang masih mengoleksinya saat ini. Mereka yang masih bertahan mungkin masih meyakini khasiat dari batu akik tersebut, juga keindahan warna yang dimilikinya.

Dari antara batu akik yang menjadi buruan para kolektor, berikut ini adalah tujuh jenis batu akik yang dulu sangat terkenal namun telah turun popularitasnya. Simak ulasannya, ya!

1. Batu Kalimaya dari Banten

1Batu kalimaya dari Banten - Beberapa Batu Akik yang paling populer pada Masanya

Batu kalimaya sempat sangat terkenal di Indonesia. Batu ini tergolong batu yang harganya mahal. Kalimaya berbentuk oval dan termasuk jenis batu permata. Keindahannya membuat banyak orang terpikat sehingga batu ini menjadi incaran.

Batu kalimaya berasal dari Banten. Sayangnya semenjak popularitas akik menurun, pamor batu ini pun ikut meredup. Meski begitu, batu kalimaya masih cukup sering dipakai sebagai bahan pembuatan berbagai jenis perhiasan.

2. Batu bacan dari Halmahera Selatan

2Batu bacan dari Halmahera Selatan - Beberapa Batu Akik yang paling populer pada Masanya

Batu bacan bisa dikatakan sebagai batu yang paling terkenal di Indonesia. Batu ini berasal dari Halmahera Selatan, Maluku Utara. Pada masanya, hampir seluruh kolektor batu akik pasti memburu batu bacan.

Batu bacan memiliki dua variasi warna khas yaitu hijau tua dan hijau muda. Batu ini sangat bening sehingga cukup sulit untuk membedakan dengan tiruan batu yang beredar. Meski kini tidak lagi populer, batu ini telah dikenal oleh banyak orang.

3. Batu kecubung berwarna ungu

3Batu kecubung berwarna ungu - Beberapa Batu Akik yang paling populer pada Masanya

Batu ametis atau yang biasa disebut sebagai batu kecubung biasanya berwarna ungu kebiruan. Batu ini termasuk salah satu batu akik langka yang dulu selalu diburu para kolektor.

Batu ini sempat sangat populer di Indonesia. Warna ungu pada batu kecubung dipercaya dapat membawa keberuntungan. Dari segi harga, batu ini cukup mahal seharga bacan atau ruby.

4. Batu Zamrud

4Batu zamrud  paling populer pada masanya - Beberapa Batu Akik yang paling populer pada Masanya

Batu emerald atau zamrud merupakan batu permata yang juga sangat terkenal. Ketika tren batu akik muncul di Indonesia, batu zamrud menjadi incaran para kolektor. Batu ini berwarna hijau sampai hijau tua.

Warnanya yang dianggap indah memukau para pecinta akik. Untuk harga, batu zamrud tergolong cukup mahal dengan kisaran harga sampai jutaan rupiah.

5. Batu giok banyak di cari kolektor

5Batu giok  banyak dicari kolektor - Beberapa Batu Akik yang paling populer pada Masanya

Batu giok adalah batu yang terkenal hingga saat ini. Batu ini dianggap memancarkan keindahan dari warnanya yaitu campuran hijau dan putih. Batu giok banyak diburu para kolektor untuk dijadikan cincin akik.

Batu ini berharga mahal bahkan hingga sekarang. Batu giok pun dipercaya sebagai batu ketentraman dan kedamaian.

6. Batu topas

6Batu topaz dengan variasi pilihan warna - Beberapa Batu Akik yang paling populer pada Masanya

Batu topaz juga menjadi salah satu yang sempat populer di Indonesia. Meski tidak sepopuler bacan atau zamrud, batu topaz masuk dalam top list incaran para kolektor. Batu ini bukan berasal dari Indonesia.

Batu topaz ditemukan di Srilanka, Brazil, Meksiko, dan Rusia. Batu topaz menjadi sangat populer karena banyaknya pilihan warna seperti kuning, jingga, hingga biru. Batu ini dipercaya memiliki energi alam untuk kesehatan jasmani.

7. Batu kalsedon dari sulawesi tenggara

7Batu kalsedon dari Sulawesi Tenggara - Beberapa Batu Akik yang paling populer pada Masanya

Batu kalsedon banyak berasal dari Sulawesi Tenggara. Namun ternyata batu ini juga ditemukan di daerah Jawa Barat dan Jawa Timur. Batu kalsedon sempat populer di kalangan para kolektor akik.

Ciri khas batu ini yaitu berwarna kuning atau biru yang Nampak diselimuti oleh kabut. Daya tarik batu Kalsedon adalah batu ini terlihat kusam. Sayangnya, kini popularitas batu ini telah menurun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *