Bahan Kosmetik Bisa Membahayakan Kesehatanmu

Bahan Kosmetik Bisa Membahayakan Kesehatanmu

Waspada! Bahan Kosmetik Ini Bisa Membahayakan Kesehatanmu

Bahan Kosmetik Bisa Membahayakan Kesehatanmu – Bagi kaum wanita di zaman sekarang pasti sangat menyukai kosmetik. Tapi taukah kamu kalau hampir setiap hari kita menggunakan bahan kimia untuk perawatan kulit?

Dunia kecantikan masih menjadi salah satu hal yang paling menarik untuk dibahas. Mulai dari skincare hingga makeup merupakan bahan perbincangan yang tak ada habisnya di kalangan kaum hawa.

Di zaman seperti sekarang ini banyak sekali beredar berbagai macam produk kecantikan dengan segala keunggulannya. Di balik semua keunggulan yang menggiurkan ternyata beberapa produk mengandung bahan-bahan yang dianggap membahayakan kesehatan. Penasaran apa saja bahan berbahaya dalam kosmetik? Yuk simak ulasannya!

  • Paraben

Paraben adalah zat kimia yang berfungsi sebagai bahan pengawet pada produk kecantikan. Jenis paraben yang biasa tertera dalam komposisi produk kecantikan diantaranya adalah methylparaben, butylparaben, ethylparaben, dan propylparaben. Berdasarkan penelitian, zat kimia ini jika digunakan terus menerus dapat mengganggu fungsi hormon hingga dapat mengakibatkan kanker payudara.

Eits, jangan terlalu khawatir karena dewasa ini sudah banyak sekali produk kecantikan berlabel ” paraben free” yang tentunya tidak bikin was-was.

  • Petrolatum

Akhir-akhir ini marak sekali produk pelembap berbahan petrolatum atau petrolium jelly. Mereka mengklaim produknya dapat melembapkan bibir, kulit kering hingga kaki pecah-pecah. Di balik fungsinya yang beragam, dalam jumlah tertentu petrolatum dapat menjadi zat berbahaya karena dapat terkontaminasi dengan hidrokarbon aromatik polisiklik yang bersifat karsinogen menurut daftar yang dikeluarkan oleh Uni Eropa.

Oleh karena itu, disarankan untuk mendapatkan produk berbahan petrolatum dari merk terkemuka, sebab penggunaan bahan kimia dalam produk telah dipantau oleh pihak berwenang.

  • Triclosan

Triclosan merupakan antibakteri yang sering dijumpai dalam sabun cair, pasta gigi, obat kumur, dan deodoran. Agen antibakteri yang satu ini ternyata tidak hanya membunuh bakteri jahat tapi juga membunuh semua bakteri baik. Begitu juga penggunaan triclosan pada pasta gigi selain dapat membantu mengatasi masalah gigi ternyata juga dapat mengganggu hormon pada manusia, menimbulkan alergi dan berisiko terserang beberapa jenis kanker.

  • Hidrokinon

Hidrokinon merupakan zat kimia yang umumnya digunakan untuk pengeras kuku. Namun tak jarang hidrokinon disalah gunakan sebagai bahan krim pemutih kulit karena kemampuannya untuk menghambat pembentukan melanin. Penggunaan hidrokinon dalam jangka panjang dan dosis tinggi dapat mengakibatkan hiperpigmentasi terutama pada kulit. Terkena sinar matahari langsung dan bersifat irreversible (tidak dapat pulih).

Krim yang mengandung hidrokinon akan terakumulasi dalam kulit yang dapat menyebabkan kerusakan DNA. Lebih parahnya lagi dapat menyebabkan penyakit kanker bagi penggunanya.

  • Merkuri

Girls, jangan pernah tergiur dengan produk kecantikan yang menawarkan kulit putih dalam waktu singkat. Sudah bukan rahasia lagi jika senyawa merkuri seringkali disalahgunakan sebagai salah satu bahan untuk lotion dan krim pemutih.

Merkuri merupakan logam berat yang bersifat karsinogenik, penggunaan sekecil apapun secara terus menerus dapat menyebabkan alergi, gangguan perkembangan janin, hingga kerusakan permanen pada kerusakan susunan saraf otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *