Alasan Terbaik Mengapa Anda Harus Belajar Kimia

Alasan Terbaik Mengapa Anda Harus Belajar Kimia

Alasan Terbaik Mengapa Anda Harus Belajar Kimia

kimia ilustrasi  141210231717 318 - Alasan Terbaik Mengapa Anda Harus Belajar Kimia

Alasan Terbaik Mengapa Anda Harus Belajar Kimia – Kimia sering disebut sebagai Ilmu Inti karena sebagian besar ilmuwan harus mempelajari bahan kimia di beberapa titik dalam studi atau penelitian mereka. Ahli biologi mempelajari semua bahan kimia yang digunakan oleh organisme hidup, ahli geologi dan ahli lingkungan meneliti bahan kimia dan senyawa yang ditemukan di tanah, batu dan mineral. Bahkan ahli astrofisika harus meneliti komposisi bahan kimia dari planet, bintang dan bulan. Dengan begitu banyak konsekuensi, kimia adalah satu-satunya subjek yang tidak akan bisa Anda hindari jika Anda tertarik pada karier ilmiah.

Untuk ulasan berikut ini akan kita jabarkan mengapa mempelajari kimia itu sangat penting. Berikut uraian nya:

1 – Memahami Dunia Di Sekitar Anda 

Ketika Anda mempelajari kimia, Anda akan menemukan alasan mengapa segala sesuatu di sekitar Anda terjadi. Mengapa coklat terasa enak, mengapa sabun bersih atau mengapa langit biru? Memahami struktur atom atom, elektrokimia larutan asam basa, atau stoikiometri molekul sangat penting untuk memahami segala sesuatu di lingkungan Anda, mulai dari pasta gigi yang Anda gunakan setiap pagi hingga baterai ponsel yang mengisi daya baterai Anda setiap hari. Setiap reaksi di alam diatur oleh kimia, dari karat logam hingga pencernaan Anda. Jika Anda memiliki pikiran yang ingin tahu, maka kursus kimia akan membantu Anda menjawab semua pertanyaan yang mungkin Anda miliki tentang dunia dan lingkungan Anda.

2 – Lebih Baik Memiliki pengetahuan yang cukup tentang Apa yang Anda Beli 

Mempelajari kimia juga akan membuat Anda menjadi pembeli yang lebih cerdas. Karena sebagian besar makanan yang kita telan diproses secara berat, menjadi lebih penting untuk memahami apa yang kita konsumsi. Namun, label makanan yang lebih rumit telah tumbuh, yang paling sulit adalah membuat semua pengawet, pemanis, pewarna makanan dan zat penstabil yang berbeda-beda mengandung dalam makanan kita. 

Dengan memahami bahan tambahan makanan seperti asam sitrat, Monosodium glutamat, Sodium benzoat, Sodium nitrit atau Guar Gum, Anda akan tahu mana yang aman untuk dimakan dan mana yang harus Anda hindari dalam makanan Anda. 

3 – Menjadi Koki yang lebih Baik 

Menjadi ahli kimia yang baik akan membuat Anda menjadi koki yang lebih baik. Semua makanan terbuat dari senyawa kimia dan memasak hanyalah mengubah ikatan kimia, menggunakan sifat-sifat materi dan bermain-main dengan pembakaran, oksidasi, reduksi, kelarutan dan reaksi kimia, untuk membuat bahan-bahan sesegar mungkin. Salah satu reaksi utama yang terlibat dalam memasak adalah reaksi Maillard. Ini adalah reaksi kimia utama di balik kelezatan makanan yang dimasak dan terjadi ketika asam amino, bahan penyusun semua protein hewani dan nabati, bereaksi dengan mengurangi gula yang terkandung dalam sebagian besar makanan.

4 – Mudah Menemukan Pekerjaan 

Kimia menawarkan banyak peluang kerja, dari kimia nuklir sampai kimia biologis atau kimia analitik Anda dapat dengan mudah mengkhususkan diri dalam bidang yang menarik minat Anda. Juga sangat umum bagi ahli kimia untuk terlibat dalam bidang sains lain dan berkolaborasi dengan ahli biologi, fisikawan, dokter, dan insinyur. Anda bisa menjadi Ilmuwan Bahan dan menemukan cara baru untuk menggunakan elemen yang dapat didaur ulang seperti plastik, kertas, karton atau produk sampingan industri makanan untuk membuat bahan baru untuk lebih melayani kebutuhan manusia dan mengurangi jumlah sampah yang berakhir di tempat pembuangan sampah dan mencemari lingkungan planet kita. Anda juga bisa menjadi ahli Nanoteknologi dan bekerja dengan elemen yang lebih kecil dari sel untuk menciptakan metode operasi dan diagnostik baru serta menciptakan obat yang lebih efisien.

5 – Memahami Fisika Dan Biologi 

Sebagai pusat ilmu, kimia akan menjadi alat terbaik yang Anda inginkan untuk memahami fisika dan biologi. Biokimia dan Biofisika adalah dua bidang yang berada di persimpangan antara tiga ilmu. Keduanya melibatkan kimia anorganik dan organik, serta kimia secara umum. Biokimia bekerja dalam bioteknologi, kimia obat atau ilmu forensik dan mereka sering bekerja untuk lembaga lingkungan, rumah sakit, dan laboratorium penelitian. Mulailah belajar kimia dan memilih guru yang tepat untuk membantu Anda dalam studi Anda. 

6 – Bersenang-senang 

Kimia adalah satu ilmu yang bisa sangat menyenangkan (jika dipraktikkan dengan aman). Sangat mudah untuk bermain-main dengan bahan kimia yang aman dan langsung dan mendapatkan hasil yang mencengangkan. Semua orang telah melihat video viral mengenai pencampuran Cola dan permen Mentos yang memproduksi semburan soda yang luar biasa, dan Anda dapat dengan mudah mereproduksi ini dengan aman di rumah. Tetapi kimia jauh lebih dari itu. Mengapa tidak membuat kelereng polimer atau mengubah warna nyala di cerobong rumah Anda? Menggunakan produk sehari-hari sederhana yang dapat Anda temukan di sekitar rumah, Anda dapat bersenang-senang dan belajar tentang alasan di balik reaksi yang Anda buat dan amati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *