Topik Dicari Siswa Tentang Perguruan Tinggi

Topik Dicari Siswa Tentang Perguruan Tinggi

Topik Dicari Siswa Tentang Perguruan Tinggi

screen 0.jpg?fakeurl=1&type= - Topik Dicari Siswa Tentang Perguruan Tinggi

Topik Dicari Siswa Tentang Perguruan Tinggi. Meskipun dengan keterbatasan kuota yang dimiliki, Perguruan Tinggi Negeri masih menjadi daya tarik utama. Berdasarkan laporan tahunan Kemendikbud tahun 2016, lebih dari 90% lulus SMA / sederajat memilih untuk disetujui dirinya ke Perguruan Tinggi Negeri melalui berbagai jalur ujian. Jumlah ini setara dengan 1,2 juta siswa dari total 1,3 juta lulus. Para calon mahasiswa ini tetap mengikuti kompetisi ketatnya, kuota penerimaan dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia hanya sepertiga dari total jumlah pendaftar.  

Paradigma bahwa Perguruan Tinggi Negeri memiliki kualitas yang lebih baik dengan harga yang lebih terjangkau masih melekat pada masyarakat Indonesia hingga sekarang, baik oleh calon mahasiswa maupun orang tua. Belum banyak informasi tentang Perguruan Tinggi Swasta yang diterima oleh mereka, sehingga tidak banyak daftar Perguruan Tinggi Swasta yang masuk dalam pilihan untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Dengan kondisi seperti ini, tentu saja perkembangan zaman digital menjadi salah satu faktor pendukung dalam mengatasi  kesenjangan  informasi antara siswa dengan Perguruan Tinggi Swasta. Selain itu saat kemajuan internet dan  smartphone telah berkembang, akan memudahkan calon mahasiswa dalam mencari informasi apa pun tentang perguruan tinggi manapun. Dengan mengakses situs pencarian, mereka dapat melihat perguruan tinggi yang diinginkan mudah. 

Oleh sebab itu, penting bagi perguruan tinggi untuk membahas masalah siswa dalam proses pemilihan perguruan tinggi, salah satunya adalah mencari informasi apa saja yang biasanya dicari calon mahasiswa. Berdasarkan data yang dihimpun Quipper, berikut ini adalah informasi yang paling dicari oleh siswa dalam pemilihan perguruan tinggi.

1. Beasiswa 

Informasi tentang beasiswa ada di daftar puncak pencarian informasi siswa tentang perguruan tinggi. Quipper melaporkan sebanyak 70% siswa menggunakan kata kunci dalam pencarian mereka. Hal ini tentu saja tidak mengejutkan, mengingat stigma masyarakat yang masih menggangap bahwa kuliah di Perguruan Tinggi Swasta tidak murah. Dengan adanya informasi tentang beasiswa, maka semakin banyak siswa yang akan mencari tahu profil perguruan tinggi ini dan tentu saja akan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran di antara mereka. Informasi beasiswa yang dikeluarkan memuat biaya yang ditanggung, penerima beasiswa, dan persyaratan-persyaratan penerima beasiswa. 

2. Biaya Kuliah 

Dengan pemikiran yang berkembang tentang biaya kuliah di perguruan tinggi kebebasan, maka biaya yang harus dikeluarkan menjadi informasi yang paling dicari siswa kompilasi mencari informasi tentang perguruan tinggi tertentu. Semakin detail informasi tentang biaya yang diberikan kepada calon mahasiswa, seperti biaya buku, kegiatan laboratorium, seragam, dst, akan semakin meningkatkan keingintahuan siswa terhadap perguruan tinggi tersebut.  

3. Akreditasi 

Tidak diragukan lagi bahwa akreditasi perguruan tinggi atau jurusan menjadi tolak ukur dalam memilih perguruan tinggi. Bagi calon mahasiswa yang tidak tertarik untuk mengikuti proses penerimaan siswa baru di Perguruan Tinggi Negeri yang dirasa rumit, maka informasi akreditasi adalah hal yang penting untuk mengetahui kualitas dari perguruan tinggi tersebut. Mereka akan mendaftarkan persetujuan perguruan tinggi / jurusan memiliki akreditasi yang baik. Seperti diketahui, akreditasi merupakan salah satu bentuk pemerintah terhadap proses pendidikan di suatu lembaga, baik negeri maupun swasta, dalam standar yang sama. 

Baru-baru ini, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia M. Nasir dalam berbagai pemberitaan mengungkapkan bahwa saat ini adalah era persaingan. Semakin baik kualitas perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, maka semakin tinggi pula minat masyarakat untuk mendapatkan pendidikan di sana. Dan sebaliknya, jika perguruan tinggi tidak mampu bersaing, maka harus siap untuk lulus kuliah. 

4. Alumni 

Informasi tentang alumni sangat erat hubungannya dengan peluang magang atau kerja yang bisa didapat mahasiswa kompilasi pendidikan tinggi. Semakin banyak kisah sukses alumni yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi, semakin yakin siswa terhadap peluang untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai. Beberapa perguruan tinggi yang menjalin hubungan baik dengan alumninya bahkan memiliki kerja sama untuk menyediakan kuota calon karyawan potensial, demikian halnya dengan perguruan tinggi yang tidak perlu mencari pekerjaan. 

5. Fasilitas 

Fasilitas yang lengkap akan menarik calon siswa karena dianggap sebagai faktor penunjang kegiatan belajar mengajar. Dengan fasilitas yang menunjang akan memberikan ruang lebih banyak bagi mahasiswa untuk aktif dan berkreasi, sebagian besar perguruan tinggi yang memiliki banyak jurusan di bidang ilmu alam. Di samping itu, foto-foto fasilitas yang disediakan perguruan tinggi seperti perpustakaan atau laboratorium juga menyediakan daya tarik tambahan mahasiswa calon mahasiswa mencari informasi tentang perguruan tinggi tertentu. Keberadaan informasi tentang fasilitas ini dapat meningkatkan  kesadaran perguruan tinggi di mata calon mahasiswa. 

Perlu diskusi, hanya 30% berhasil SMA / sederajat yang mampu ditampung oleh Perguruan Tinggi Negeri membutuhkan peluang besar terbuka untuk Perguruan Tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *