5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Online

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Online

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Online

 5 Hal yang perlu Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Online– Bagi Anda yang baru ingin memulai, berikut ini adalah beberapa cara untuk memulai bisnis online karena ini merupakan hal mendasar dalam memulai usaha baik secara online maupun offline.

Salah satu pertanyaan besar yang menghantui para  pemula bisnis online , biasanya adalah:

  1. Saya tidak bisa berjualan.
  2. Saya tidak pandai mencari pelanggan.
  3. Saya tidak bisa menggunakan sosial media

sebenarnya itu keliru guys..

loh kok keliru? Begini ilustrasinya …

Yang mau dagang, yang beralasan, “saya tidak bisa jualan”, itu biasanya disebabkan karena niat kita semata-mata hanya ingin jualan. Kita ingin barang kita laku, ingin dapat untung besar, ingin laris, dan seterusnya.

Yang bermain bisnis afiliasi, yang alasannya, “saya tidak bisa mencari orang atau target konsumen yang cocok”, itu juga biasanya disebakan oleh niat kita supaya bisa dapat untung atas penjualan dari orang itu, biar dapat komisi besar, biar dapat jutaan passive income sambil ongkang-ongkang.

Dan yang beralasan, “saya gaptek, nggak mudeng komputer dan internet, apalagi cara membuat website”, itu juga biasanya karena pikiran yang telah mengkondisikan diri kita seperti itu, baru belajar sebentar saja sudah ‘ngambek’ dan putus asa.

Akhirnya yang terjadi apa?

Ketika mau membuat tempat jualan via online, udah takut duluan sama internet, komputer, bahasa pemrograman, dan lain sebagainya. Lalu menyerah dengan kata-kata, “maaf saya gaptek”.

Lalu, ketika kita baru menawarkan produk tetapi orangnya menolak, bawaannya sakit hati, baper, males dan yang parah akhirnya menghakimi diri sendiri bahwa saya nggak bisa jualan.

Jaman sekarang kita harus mau belajar memanfaatkan internet dan teknologi. Banyak alat bantu jualan yang sekarang ini erat hubungannya dengan dua hal tersebut. Tetap semangat dalam belajar ya guys!

berikut beberapa tips untuk memulai  bisnis online adalah:

# 1 – Fokus

Di saat memulai bisnis online, fokus ke satu bidang dulu, perbaiki koordinasi tidak terpecah, dan usahakan pilih usaha yang bisa segera didatangkan, yang perlu dapur mengepul dulu.

# 2 – Pilih Produk

Meskipun mengingat “online”, pemilihan produk yang tidak disukai adalah produk digital seperti ebook, alat, perangkat lunak, dll. Tetepi dapat juga yang bersifat fisik, seperti jual makanan, jual pakaian, jual mainan, dll.

Tipsnya adalah, cari produk yang Anda pahami. Jangan sekali-kali jual barang yang tidak Anda kuasai seluk beluknya. Karena Anda akan membutuhkan waktu untuk memulai pengetahuan produk dan lain sebagainya.

# 3 – Buat Lapak

Segeralah buat lapak online untuk menggelar dagangan kita. Sumberdaya nya bisa pakai website gratis atau situs-situs marketplace yg banyak tersedia, syukur-syukur mau pakai  domain  berbayar dan  hosting  sendiri.

Lapak online bisa diibaratkan kantor / toko kita di dunia maya. Tidak ada lapak = tidak ada toko = tidak ada tempat untuk berjualan.

# 4 – Pemasaran

Pada tahap awal, hapus fokus ke jualan, jangan lupa sisihkan anggaran untuk pemasaran. Bisa pakai Optimasi SEO, atau iklan di media sosial seperti FB Ads. Intinya adalah menggunakan internet sebagai alat atau sarana, untuk menggunakan informasi ke orang lain (promosi).

# 5 – Bangun Aset

Biasakan sejak awal memulai bisnis online, mindset kita adalah bangun aset .. bangun aset .. dan bangun aset .. baik aset berwujud maupun aset tidak berwujud.

Demikian berbagi tentang  bisnis online  Kali ini ya teman-teman.

Semoga Bermanfaat dan salam sukses semua ya guys !!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *