5 Fakta Unik Buaya, Mematikan Hingga Bisa Mengeluarkan Air Mata

5 Fakta Unik Buaya, Mematikan Hingga Bisa Mengeluarkan Air Mata

5 Fakta Unik Buaya, Mematikan Hingga Bisa Mengeluarkan Air Mata

ilustrasi buaya - 5 Fakta Unik Buaya, Mematikan Hingga Bisa Mengeluarkan Air Mata

5 Fakta Unik Buaya, Mematikan Hingga Bisa Mengeluarkan Air Mata,- Reptil terbesar di bumi ini tersebar di berbagai wilayah belahan dunia kecuali Eropa. Buaya merupakan salah satu hewan dengan gigitan paling kuat dan mematikan. Buaya memiliki banyak julukan unik yang bersangkutan dengan mereka, seperti air mata buaya misalnya. Ternyata di balik sebutan itu ada cerita tersendiri lho, berikut lima fakta menarik buaya.

5 Fakta Unik Buaya, Mematikan Hingga Bisa Mengeluarkan Air Mata

1. Memiliki jantung dengan fungsi yang unik

Buaya memiliki jantung yang terdiri dari banyaknya pembuluh darah, yang menariknya lagi adalah peredaran darah buaya dapat diatur atau diubah arahnya. Kondisi ini bisa terjadi saat buaya berada di keadaan tertentu, seperti saat mereka terancam atau terjadi gangguan pada tubuhnya.

2. Tidak memiliki kelenjar keringat

Ini yang menyebabkan buaya sering tidur dengan mulut terbuka. Buaya tidak memiliki kelenjar keringat dan memanfaatkan mulut sebagai perantara hawa panas keluar dari tubuhnya, Jadi saat mulutnya terbuka bukan berarti mereka ingin selalu memangsa ya guys,  namun juga demi menstabilkan suhu tubuh.

3. Buaya tidak mengunyah makanan

Mungkin kamu pernah melihat buaya makan dengan sadis dan menelannya dengan sadis sambil merobek-robek mangsanya. Namun meskipun terlihat mengunyahnya  ternyata buaya tidak mengunyah makanan mereka lho. Buaya menelan makanannya hanya berdasarkan potongan atau robekan gigi mereka.

Sesekali buaya juga menelan batu untuk membantu menghancurkan makanan dalam perutnya, sama seperti burung yang menelan pasir untuk bantuan pencernaannya.

4. Berhubungan dekat dengan dinosaurus

Meskipun masuk dalam kategori reptil namun buaya berkaitan dengan dinosaurs, persisnya adalah dinosaurus unggas. Ini dikarenakan di zaman dulu buaya merupakan mahluk besar yang serupa dengan dinosaurus unggas yang muncul sekitar 250 juta tahun yang lalu.

5. Buaya bisa mengeluarkan air mata

Saat makan buaya terlalu banyak menelan udara sehingga membuat kelenjar lachrymal memaksa air mata keluar. Tapi peristiwa ini bukan berarti buaya menangis sungguhan, hal itu yang mendasari istilah air mata buaya. Suatu reaksi sedih atau kondisi menangis yang bukan didasari atas perasaan atau tampilan emosi yang palsu. Buaya juga ternyata memanfaatkan keadaan ini menjadi pengecoh hewan lain agar lengah dan dapat dimangsa.

Unik banget ya fakta menarik tentang buaya di atas? Jadi makin tahu dan bisa menambah wawasan nih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *