4 Bahan Kimia yang Sangat Berbahaya Buat Ibu Hamil

4 Bahan Kimia yang Sangat Berbahaya Buat Ibu Hamil

4 Bahan Kimia yang Sangat Berbahaya Buat Ibu Hamil

MACAM MACAM BAHAN KIMIA DAN KEGUNAANYA DALAM INDUSTRI - 4 Bahan Kimia yang Sangat Berbahaya Buat Ibu Hamil

4 Bahan Kimia yang Sangat Berbahaya Buat Ibu Hamil – Saat hamil tentunya banyak kegiatan atau rutinitas yang biasanya Anda lakukan menjadi pertimbangan sebelum dilakukan terutama jika kegiatan tersebut bersinggungan dengan bahan kimia. Bahan kimia tersebut dapat mengandung solvent.

Terkadang solvent ini dapat menimbulkan efek beracun (toksikasi) pada wanita hamil. Toksik adalah zat yang bila dapat memasuki tubuh dalam keadaan cukup dan secara konsisten dapat menyebabkan fungsi tubuh menjadi tidak normal.

Berikut bahan kimiawi yang dapat perlu diperhatikan paparannya saat sedang hamil.

Cat Dinding

Biasanya dengan datangnya anggota baru di keluarga, orangtua sibuk mempersiapkan perlengkapan bayi tak terkecuali kamar untuk bayi. Warna kamar biasanya disesuaikan dengan jenis kelamin anggota baru tersebut. Bagaimana dengan paparan cat pada ibu hamil jika sedang berada di rumah?

Cat mengandung bahan kimiawi, namun saat ini hanya sedikit penelitian yang menjelaskan mengenai kandungan-kandungan dalam cat yang berbahaya untuk kehamilan. Yang sudah diketahui saat ini adalah, jika memang ingin melakukan kegiatan mengecat di dalam rumah berikut hal-hal yang harus diperhatikan:

  • Pilihlah cat dinding yang berbahan dasar  air (latex) daripada cat yang berbahan dasar minyak.
  • Hindari memasuki ruangan yang sudah di cat setidaknya dua hari setelah selesai dikerjakan, untuk menghindari paparan bau ruangan dan cat nya.
  • Buka jendela di sekitar ruangan yang baru saja di cat, agar ventilasi udaranya baik dan berputar dengan udara di luar.

Cairan pembersih 

  • Glycol.

Pada pembersih kompor dan jendela biasanya mengandung glycol. Glycol dapat meningkat resikonya pada wanita hamil dan menyebabkan keguguran.

  • Phenol.

Cairan phenol dapat menyebabkan gangguan organ pada janin atau bahkan kematian pada janin.

  • Amonia

Cairan ini dapat menyebabkan gejala mual dan muntah pada ibu hamil.

Cat Kuku 

Saat hamil tentunya semua wanita tetap ingin tampil cantik, tidak sedikit mereka menginginkan kuku juga dipercantik. Namun bagaimana efek cat kuku dan cairan pembersih cat kuku  pada wanita hamil? Efek pada wanita hamil terbilang sangat aman namun yang perlu diperhatikan adalah saat mengecat kuku lakukan pada ruangan terbuka atau yang memiliki ventilasi udara yang baik. Paparan bahan kimia dari cat kuku dalam jangka waktu yang tidal lama tidak akan memberikan efek toksik pada wanita hamil.

Pewarna Rambut 

Bagaimana dengan penggunaan pewarna rambut saat hamil? Meskipun sampai saat ini belum dapat dibuktikan secara uji klinis bahwa kandungan di dalam pewarna rambut memberikan dampak pada janin namun tidak ada juga penelitian yang mendukung bahwa kandungan kimia didalam pewarna rambut tersebut aman untuk ibu hamil. Para peneliti hanya mengetahui bahwa tindakan mewarnai rambut dapat terserap kedalam kulit kepala lalu masuk kedalam peredaran darah, sehingga secara teori hal ini dapat mempengaruhi perkembangan janin. Merujuk dari teori ini maka beberapa dokter menganjurkan agar penggunaan pewarna rambut dihindari saat trimester pertama dimana saat trimester pertama organ-organ vital pada janin mulai berkembang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *