Tips shopping di mall agar tidak menipis keuangan mu

Tips shopping di mall agar tidak menipis keuangan mu

Tips Belanja di mall

Tips shopping di mall agar tidak menipis keuangan mu – Shopping atau hanya sekedar jalan-jalan di mall merupakan saat yang menyenangkan untuk refreshing. Bagi yang suka cuci mata, pasti selalu meluangkan waktu untuk pergi ke mall. Selain iseng jalan bersama teman terkadang kebetulan juga menemukan barang yang sudah lama di cari dan akhirnya punya kesempatan untuk membeli.

Namun, jika terus seperti itu lama-lama keuangan menjadi tidak terkontrol loh karena terlalu sering menghabiskan uang untuk berbelanja. Ini diaTips shopping di mall agar tidak menipis keuangan mu

Tulislah daftar belanja yang dibutuhkan

Sebelum berbelanja coba tuliskan dulu daftar kebutuhan yang ingin di beli. Persiapkan daftar tersebut saat masih dirumah, jadi bisa sambil melihat sekeliling rumah hal apa yang masih kurang. Biasanya, untuk sebagian orang pasti ingin membeli sesuatu yang sebenarnya belum terlalu butuh. Khususnya wanita, doyan belanja apa saja untuk menyenangi hati mereka. Sebaiknya, tetap sediakan daftar kebutuhan agar tidak over budget.

Bawa uang kas atau kartu e-money diisi uang dalam jumlah pas

Cara paling ampuh adalah bawa uang secukupnya dalam bentuk kas, jika belanjaan Anda kurang lebih di bawah 1juta Rupiah. Jika lebih dari 1 juta Rupiah kita gunakan kartu e-money (contohnya: flazz card). Isi kartu kurang lebih sesuai dengan belanjaan kita dan ditambah 10-20% apabila ada barang-barang yang kita inginkan (our wants). Langkah ini memang agak ribet tetapi sangat ampuh untuk meghindarkan kita dari gesek-menggesek kartu kredit atau debit.

Baca dengan teliti sebelum membeli

Sebelum membeli barang ada baiknya baca dengan teliti spesifikasi dan harga. Biasanya hal ini yang agak menjengkelkan, karena ada beberapa tag harga yang dibuat cukup memusingkan, contohnya sosis. Pernakah Anda membeli  sosis di supermarket? Ada berapa banyak harga disana? Untuk merk sejenis bisa jadi ada harga untuk yang 250 gram ada juga yang 500 gram. Sebelum beli cermati dulu spesifikasi produk dan harganya.

Jangan Tergoda dengan Diskon

Barang yang diskon belum tentu kamu perlukan, dan bisa jadi barang itu didiskon karena cacat atau tidak laku. Sebelum kamu membeli barang yang didiskon, tanya ke dirimu sendiri apakah kamu memerlukannya? Apa modelnya cocok dengan kamu? Jangan pernah lupa periksa kalau ada cacat dalam produknya.

Lebih baik belanja sendirian deh

Kalau hanya sekedar cuci mata dan jalan-jalan ke mall memang pasti menyenangkan jika bersama orang terdekat kita. Namun, dalam hal berbelanja sebaiknya belanja saja sendirian tanpa ditemani banyak orang. Biasanya jika banyak orang disekitarmu, kamu juga akan mudah terpengaruh oleh orang-orang tersebut. Awalnya tidak memiliki keinginan untuk membeli suatu barang namun karena adanya faktor dorongan teman akhirnya kamu pun membelinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *